top of page

Ide Bermain Sensori Untuk Anak Usia 0-2 Tahun

Kita selama ini hanya mengetahui bahwa indra yang kita miliki adalah 5 yaitu indra penglihatan (mata), indra penciuman (hidung), indra pendengaran (telinga), indra pengecap (lidah), dan indra peraba (permukaan kulit, terutama tangan). Ke lima indra tersebut mendapatkan rangsangnya dari eksternal. Namun kenyataannya indra yang kita miliki ada 7 indra yang rangsangnya dari internal yaitu, indra vestibular dan indra proprioseptif. Indra vestibular berkaitan dengan gravitasi, pergerakan dan keseimbangan tubuh, sedangkan indra proprioseptif berkaitan dengan kesadaran tubuh, memberi informasi tentang posisi anggota tubuh, posisi seorang di lingkungan serta besarnya kekuatan yang perlu dikeluarkan untuk melakukan suatu pergerakan.

Nah, sudah berkenalan dengan indra-indra yang kita miliki sekarang saatnya aku berikan 'rangkuman' kegiatan untuk merangsang sensori-sensori ke tujuh indra anak kita yuk.

 Rapapa sendiri paling senang kegiatan ditarik diatas kain alias sejadah 🤣 , setiap lagi ibadah rapapa nemenin manis duduk di atas sejadah habis itu nunggu aku tarik setelah selesai ibadah. Awalnya panik karena badan nya tidak seimbang namun setelah beberapa kali malah nagih. 

Di save, print dan tempel di tembok yaaa. Semoga ide bermain nya bermanfaat, share with us!

Love,

Rapapa

(source; buku, Keajaiban 7 Indra)

bottom of page