top of page

6 Cara Memberhentikan Kebiasaan Menjatuhkan Makanan pada Anak

Rasanya mau hela nafas panjang dan agak ngomel ya kalau anak lagi makan di high chair "sengaja" jatuhin makanannya. Berasa exercise ya kan nunduk ambil makanan nunduk lagi dan seterusnya. Sebetulnya anak sedang belajar konsep"sebab-akibat", apa sih yang akan terjadi jika aku jatuhkan wortel ini? dan semakin menyenangkan ya ternyata karena mamaku menunduk mengambil wortel tersebut yang akhirnya menjadi kegiatan yang menyenangkan buat anak.

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengajarkan anak agar berhenti menjatuhkan makanannya antara lain;

1. Stop complain -- semakin kita complain atau ngomel semakin anak termotivasi untuk mengulanginya, berpura-pura hal tersebut tidak mengganggu kita.

2. Tidak ikutan bermain -- tidak mengambil makanan yang terjatuh menjadi tanda bahwa "game is over", bereskan makanannya-- tidak perlu takut anak akan kelaparan karena biasanya anak yang sudah memainkan makanannya berarti anak sudah tidak lapar atau sudah kenyang atau sesi makan sudah terlalu lama.

3. Variasi makanan -- selain finger food bisa kita kombinasikan dengan makanan yang dapat dibantu dengan spoon feeding seperti  yoghurt atau oatmeal.

4. Makan di lantai -- kegiatan menjatuhkan makanan akan hilang ketika anak makan di lantai dan lebih memudahkan  kita untuk membersihkan setelah kegiatan makan selesai. 

5. Berikan mediasi yang tepat -- berikan waktu anak untuk bermain menjatuhkan benda atau bola ke bucket sehingga rasa ingin tahu nya tersalurkan dengan baik atau pada tempatnya.

6. Pick up games -- ajak anak bermain pick up games dengan memungut benda - benda yang sudah disiapkan atau bahkan bisa ajak membantu membersihkan makanan yang sudah dijatuhkannya ke dalam tempat sampah.

Rapapa senang sekali menjatuhkan makanan kalau memang sudah kenyang atau sesi makan yang terlalu lama, akupun belajar memberikan reksi yang tidak berlebihan dan hal tersebut aku terapkan ke segala hal-hal yang rapapa lakukan yang menurutku tidak baik, tidak menyenangkan atau tidak diperbolehkan. Dengan reaksi yang tidak berlebihan cukup di jelaskan rapapa jadi hilang motivasi untuk mengulanginya sedangkan kalau aku sedang panik atau bad mood dan berlebihan yang terjadi malah rapapa sengaja mengulanginya bahkan ngetawain reaksi aku hahaha

Selamat mencoba!

Love,

Rapapa

bottom of page