top of page

Yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Pijat Bayi

Kita ketahui bahwa diluar sana banyak sekali yang menyediakan jasa pijat bahkan spa untuk bayi dan dengan harga per visit yang bisa dibilang tidak murah. Nah, kalau versi orang tua kita ya tukang urut bayi atau bisa disebut dengan pijat tradisional yang dilakukan dukun bayi dengan ilmu turun temurun yang mereka miliki.

Kebetulan aku mengikuti workshop mengenai pijat bayi oleh Home Care Bidan dan aku mau sedikit sharing hal - hal penting yang aku pelajari dari workshop ini dimulai dari teori-teori yang ada yaa.

Menurut penelitian modern, pijat bayi yang dilakukan secara rutin akan membantu tumbuh kembang fisik dan emosi disamping untuk mempertahankan kesehatannya, manfaat pijat bayi juga dirasakan oleh orang tua yang melakukannya.

Beberapa hal yang membedakan antara pijat modern dan pijat tradisional adalah;

a. pijat modern: dilakukan oleh tenaga medis profesional yang bersertifikasi, menggunakan baby oil yang terbuat dari buah atau tumbuhan (minyak kelapa, minyak biji anggur, minyak zaitun murni), terapi sehat tanpa jamu atau obat apapun, dilakukan menunggu kesiapan bayi (bayi senang, santai, tidur pulas karena merasa nyaman)

b. pijat tradisional: dilakukan dukun bayi dengan ilmu turun temurun, menggunakan ramuan pemijatan dengan campuran jahe, bawang merah dll, bayi sering dipaksakan sehingga menangis keras dan meronta-ronta (bayi tertidur lelap kerena kelelahan bukan karena tenang).

Terlihat ya perbedaan antara kedua jenis pijat bayi modern dan tradisional.

Terus manfaat pijat bayi apa? berikut beberapa manfaat yang dirasakan bayi;

1. merangsang beta endorphine yang mempengaruhi mekanisme pertumbuhan dan perkembangan anak

2. merangsang produksi serotonin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh

3. aktivitas otak lebih stabil-- pijat bayi baik untuk bayi prematur agar memiliki aktivitas otak yang berkembang pada tingkat normal

4.detak jantung lebih stabil

5. membantu menurunkan kadar hyperbilirubin pada bayi yang baru lahir

Selain untuk bayi, pijat bayi juga memiliki manfaat untuk orang tua nya yang melakukan pijatan bayi;

1. merangsang produksi hormon oksitosin sehingga memberikan perasaan yang hangat dan penuh kasih sayang

2. mengurangi stress dan ketegangan

3. meningkatkan produksi ASI

4. meningkatkan hubungan batin antara orang tua dan bayi

5. meningkatkan kesiagaan -- contoh menemukan ruam atau bintik-bintik pada kulit bayi saat memijat bayi

Hal yang paling penting sebelum memijat bayi adalah jangan memijat bayi saat bayi sedang menangis atau mengantuk. Kita sebagai orang tua harus menunggu atau melihat tanda bayi siap untuk dipijat dan melakukan persiapan sebelum pijat.

Tanda- tanda bayi siap dipijat adalah;

1. melakukan kontak mata

2. mengoceh

3. telapak tangan nya terbuka (jika tertutup dan sulit dibuka tandanya bayi lapar)

4. tersenyum

5. menggerakan tangan dan kaki (bukan berontak)

6. semangat

7. santai

Persiapan sebelum pijat bayi adalah;

1. waktu yang tepat

2. ruangan untuk melakukan pijat bayi

3. persiapan alat seperti alas yang lembut, minyak untuk memijat dan baju ganti

Yang perlu dilakukan sebelum memijat bayi adalah;

1. meminta izin pada bayi

2. melepaskan perhiasan atau aksesoris

3. mencuci tangan

4. menghangatkan tangan

5. tersenyum

6. menjaga kontak mata

Yang harus dihindari saat memijat adalah;

1. kuku yang panjang

2. memaksa anak

3. tergesa-gesa

4. bayi sedang tidur, setelah minum atau makan (pijat dilakukan 1 jam setelah makan)

5. dilakukan diluar ruangan

6. menyetel musik terlalu keras

Pijat bayi tidak boleh dilakukan pada keadaan-keadaan dibawah ini;

1. bayi demam-- demam terjadi sebagai respons dari sistem imun tubuh pada infeksi atau peradangan yang terjadi pada tubuh. Infeksi atau peradangan ini bisa dipicu oleh virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini akan membuat tubuh mengalami peningkatan suhu dengan signifikan sehingga cairan tubuh pun akan lebih cepat menguap dan membuat kita rentan terkena dehidrasi. Aliran darah juga akan cenderung meningkat. Jika kita memijat tubuh saat berada dalam kondisi demam, maka aliran darah yang sebenarnya sudah sangat cepat akan terus meningkat sehingga bisa membuat suhu tubuh menjadi semakin tinggi.

2. bayi dengan kelainan jantung bawaan-- kecuali sudah mendapatkan izin dari dokter

3. memiliki luka terbuka-- meningkatkan resiko infeksi

4. baru saja divaksin-- dikhawatirkan demam, tunggu 2-48 jam setelah vaksin

Pijat bayi dilakukan tidak hanya untuk bayi saja tapi bisa kita terapkan untuk toddler-- yang membedakan hanya di kekuatan pijat nya saja. Pemijatan bayi bisa sekali dan bagus dilakukan setiap hari misalnya dengan jadwal; bangun tidur, berjemur, mandi (tunggu 1 jam) , pijat bayi. Pijat bayi dilakukan biasanya 15-45 menit.

Terus kalau bayi nya menangis gimana? ya kita harus stop kegiatan pemijatan tunggu hingga bayi tenang kembali.

Rapapa waktu bayi aku lakukan pemijatan berbekal ilmu yang aku punya setelah mengikuti baby new born care di nujuh bulan studio yang kebetulan ada materi pemijatan bayi dari Home Care Bidan pemijatan yang aku lakukan pada rapapa waktu bayi tidak sampai 15 menit apalagi 45 menit karena setiap dipijat ya rapapa suka tidak terlihat nyaman jika dilakukan dengan durasi yang lama. Nah semakin besar tentu semakin mobile banyak gerak yang akhirnya aku melakukan pemijatan dengan dukun bayi karena takut kalau badan nya sakit-sakit setelah banyak gerak-- dan memang pemijatan yang dilakukan itu rapapa nangis tetap dilakukan dan betul loh habis itu lelap tidurnya, tapi perlu diingat lelap nya karena capek nangis 😣.

Setelah aku mengikuti workshop ini aku mulai menerapkan kembali pemijatan bayi setiap rapapa mandi pagi atau malam sebelum tidur. Kegiatan pijat nya tapi tidak pijat bayi yang serius sambil rebahan lama gitu ya karena pasti dia meronta-ronta hahaha, jadi aku pasti balur rapapa minyak kelapa atau minyak kutus-kutus setelah ritual mandi, disitu lah moment yang aku sempil-sempilin untuk pijat, seperti punggungnya, dada ke perut, kaki sampai telapak kaki nya, pokoknya lihat aja mood nya rapapa dan yang penting-penting aja aku lakukan pemijatan.

Untuk cara pijatnya sendiri boleh di hubungi Home Care Bidan atau googling tapi dengan catatan hati-hati dengan pemijatan ILU yang terbalik karena bisa menyebabkan konstipasi. Semoga bermanfaat sharing nya, jangan lupa yuk pijat bayi nya jangan bapaknya aja terus dipijat 🙈😀

Love,

Rapapa

bottom of page