top of page

Yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Living Book

Tentu kita sebagai orang tua rasanya kalau bisa kasih buku bagus ke anak tapi buku yang bagus itu yang seperti apa sih? Apakah sebatas yang mahal? Apakah sebatas yang bisa mengeluarkan suara? Apakah sebatas yang gambar nya menarik?

Charlotte Mason adalah seorang educator dari Inggris yang memiliki metode mengajar dengan 3 dasar yaitu education is an atmosphere, a discipline, a life. Charlotte Mason memperkenalkan budaya membaca di homeschool miliknya dengan living book.

" Living books are usually written by one person who has a passion for the subject and writes in conversational or narrative styles. — Living book menarik pembaca ke dalam subjek cerita dan mengikutsertakan emosi sehingga memudahkan pembaca mengingat kejadian-kejadian dan makna dari cerita itu sendiri. Biografi, historikal fiksi, dan klasik baik dalam bentuk buku bergambar merupakan contoh living book. "

Salah satu contoh living book untuk anak adalah Love You Forever karangan Robert Munsch.

Ketika bacain buku ini saat bedtime story aku sendiri terhenyak dengan emosi yang aku rasa setelah baca ceritanya sampai selesai apalagi dengan reading aloud. Emosi dan perasaan yang tertinggal di hati sangat mengharukan dan itu didapat dari buku anak-anak.

Berikut diatas salah satu contoh isi buku tersebut— pada akhir cerita intinya adalah bagaimanapun seorang anak yang membuat rumah berantakan, ibu nya kesal, sampai sudah besar dan punya keluarga sendiri , seorang ibu tetap menganggap nya sebagai “my baby” dan selalu terus mencintainya apapun itu kondisi nya.

Buku tersebut termasuk living book karena menceritakan seseorang dan dalam ceritanya mampu menarik kita merasakan kisah dan emosi di dalamnya dan salah satu hal positif dari living book adalah pembaca mudah mengingat cerita maupun “pelajaran” dari buku tersebut. Terbukti sekali aku sekali baca langsung terngiang-ngiang kisah tersebut dan bisa jadi self reminder aku dikala aku sedang lelah dengan aktifnya rapapa bahwa aku tetap mencintainya dan semua rasa lelah terasa worth it.

Hal positif itu lah alasan mengapa Charlotte Mason memilih buku jenis living book ke dalam kurikulum homeschool nya. Buku-buku yang dipilih baik untuk matematika, sejarah dan science merupakan buku living book— untuk mengetahui apa aja buku yang Charlotte Mason pakai boleh di searching atau visit website homeschool yang berbasis metode Charlotte Mason.

Lalu apakah tidak baik membeli buku yang hanya bergambar saja? Tentu tidak bisa dikategorikan tidak baik karena buku bergambar tentunya baik juga untuk menstimulus bayi maupun imajinasi anak. Namun setelah aku tau mengenai living book ini aku jadi lebih teliti membeli buku atau combining dengan sesekali aku beli buku yang menarik gambar nya dan setelah itu berikutnya aku membeli buku living book.

Masih bingung buku apa aja yang termasuk living book? salah satu buku lain yang aku ingin beli adalah Corduroy by Don Freeman, beberapa kali aku baca banyak review yang bagus mengenai buku ini. Kebetulan juga aku menemukan salah satu instagram yang menyewakan buku-buku living book yaitu book worm mini koper-- terkadang aku cek instagram tersebut untuk list living book berikut nya yang aku mau beli dan bacakan untuk rapapa. Buku Love You Forever aku beli di Open Trolley , kebetulan aku memang mencari versi book board nya agar lebih awet dan aman untuk diperkenalkan sama rapapa dan di online book store tersebut tersedia versi itu.

Buku merupakan media pembelajaran yang sangat baik sehingga kita para orang tua juga bisa mengajarkan banyak hal termasuk empati lewat buku, semoga bermanfaat sharing mommy rapapa kali ini dan boleh sekali share ke aku juga buku yang bagus versi mommies!

Love,

Rapapa

bottom of page