top of page

Alasan Rapapa Langsung Menggunakan Gelas Biasa pada Awal MPASI

Saat sudah mulai diperkenalkan solid food maupun MPASI tentunya aku mulai juga perkenalkan air putih untuk rapapa, nah yang aku akan sharing adalah media apa yang aku gunakan untuk memberikan rapapa minum air putih. Tentunya ya kita langsung kefikiran beli sippy cups yang bagus dan browsing jenis - jenis sippy cups yang ada ya namun aku memutuskan untuk melatih rapapa minum pada awal MPASI ini tidak dengan sippy cup (next aku sharing sippy cup yang akhirnya aku beli), melainkan dengan baby cup.

Baby cup itu sendiri pada dasarnya ya cup/gelas seperti orang dewasa pakai, yang aku ingin sharing sebetulnya bukan produk baby cup yang aku pakai karena awalnya pun aku pakai gelas plastik yang ada aja dirumah untuk perkenalan cara minum air putih ke rapapa. Lalu kenapa sih aku tidak langsung perkenalkan aja sippy cup pada umumnya ke rapapa?

Berikut alasan aku pribadi dan hasil penelitian yang ada untuk langsung melatih minum dengan (baby) cup:

1. Menghemat waktu dan tenaga.

Aku simply mau rapapa langsung belajar minum seperti layaknya orang dewasa karena akan menhemat waktu dan tenaga aku nantinya untuk weaning rapapa dari sippy cups (jenis sedotan atau jenis lainnya) ke gelas biasa.

2. Penggunaan sippy cups dapat memperlambat pertumbuhan gigi

Karena hal ini sehingga disarankan untuk weaning/ menstop penggunaan sippy cup saat anak sudah mencapai usia 1 tahun.

Cukup 3 alasan itu aja yang buat aku memutuskan untuk langsung perkenalkan cup ke rapapa. Terus baby cup apa yang aku pakai untuk rapapa? Here it is..

Why I love this baby cup:

1. Lightweight / ringan

Cup harus ringan agar tidak keberatan untuk baby belajar pegang.

2. Unbreakable

Tidak dapat pecah karena sudah pasti baby suka sekali banting - banting dan jatuhin barang yang lagi dipegang.

3. Transaparant

Aku jadi bisa kontrol lihat air nya semana yang kutuang

4. Measurement Indicator

Ada indikator volume air jadi aku bisa juga kontrol asupan air yang rapapa sudah minum apakah dalam sehari sudah mencukupi atau belum.

5. 4 cups

Bisa untuk spare jadi tidak buru - buru dicuci, bisa dipisahkan untuk di dalam diaper bag maupun travel dan pergi - pergi.

6. BPA Free

7. Dentist Recommended

Untuk beli nya aku nemu ga sengaja nih di instagram @kinmadekids dan ada pilihan beberapa warna, dari harga juga affordable kok tapi aku lupa ya berapa kalau tidak salah sih 100 ribuan yaa.

Seperti di foto rapapa masih harus dibantu untuk pegang gelas nya, awalnya dia minum dengan cara ngecap mirip - mirip kalau breastfeeding lah kalau diperhatiin namun lama kelamaan sudah terbiasa paling aja kadang belum bisa kontrol banyaknya air yang dia minum jadi kadang sampai megap - megap sendiri. Downside nya? kalau ditanya yaa simply "messyyyy becekkkkkk" hahaha

Love,

Rapapa

bottom of page