top of page

Mengenal Empeng Lebih Dekat

Siapa mommies out there yang skeptik dengan penggunaan empeng, angkat tangan nyaa... termasuk aku yaaa..

Engga heran sih banyak yang memandang kurang baik akan empeng ini karena intinya kurang edukasi aja untuk manfaatnya, aku waktu mengandung sampai lahirnya rapapa ke dunia sudah sangat berjanji untuk rapapa tidak menggunakan empeng , alasannya cukup sangat tidak edukatif sekali, "jelek bgt anak pake empeng, kotor juga kan empeng" hahaha. Terus kenapa sih aku jadi berubah fikiran? dan sejak kapan? Aku jelasin dulu yaa sedikit mengenai empeng ini baru aku cerita pengalaman pribadi aku dan pacifier/empeng apa yang aku belikan plus cocok untuk rapapa.

Seperti yang kita ketahui penggunaan empeng pada bayi sangat negatif pada bayi namun jika kita mengenal lebih dekat dari fungsi ,kelebihan dan kekurangan nya, empeng tidak lah seburuk itu. Empeng bisa memberikan sensasi menenangkan ,itu mengapa nama empeng selain pacifier adalah soother. Penggunaan empeng dianjurkan bahkan dari saat bayi lahir.

Lalu apakah penggunaan empeng akan menyebabkan bingung puting jika diberikan sejak lahir? Kenyataannya empeng yang di desain dengan baik justru akan mendukung dan melengkapi kegiatan menyusui tanpa menyebabkan bingung puting. Bukankah empeng dapat menyebabkan pertumbuhan gigi menjadi berantakan? Mitos ini pun terjawab dimana empeng yang desain ortodontik nya dengan baik dapat membantu pertumbuhan gigi yang sehat dan perkembangan rahang sedangkan menghisap jempol dapat menganggu perkembangan rahang dan akan mempersulit ketika menyapih anak dari empengnya karena jika empeng mudah saja kita buang.

Fungsi lainnya empeng adalah ;

  1. Empeng dapat mengurangi resiko SIDS (sudden infant death syndrome) dengan membuka jalan udara di sekitar hidung dan mulut ketika bayi tidur

  2. Keefektifan empeng. Empeng mampu menenangkan bayi yang sedang rewel menjadi tenang, bayi tenang ibu pun akan menjadi relaks. Terutama pada saat bayi kolik ,empeng sangat membantu

  3. Empeng membantu anak tertidur

  4. Empeng dapat mengurangi rasa sakit pada telinga : Seperti kita ketahui untuk mengurangi sakit ditelnga saat di pesawat adalah mengunyah permen, begitupun empeng yang dapat membantu bayi ketika di perjalanan udara.

Memilih dan penggunaan empeng :

  1. Jangan menyerah. Jika bayi menolak empeng yang kita berikan, coba lah merek lain namun jangan pernah memberikan empeng yang di olesi gula atau manis – manisan lainnya agar bayi mau dengan empeng yang kita berikan)

  2. Pilih empeng yang desain ortodontik

  3. Rajin mencuci dan mensteril empeng

  4. Hindari membeli dan memasang klip/tali empeng ke baju untuk menghindari terlilit

  5. Beli lebih dari dua. Dikarenakan empeng mudah sekali hilang dan rutin dibersihkan.

Penggunaan empeng pun dibatasi dengan cara menggunakan empeng hanya saat ketika tidur atau pada bayi ketika rewel sehingga tidak menghambat perkembangan berbicara anak. Penyapihan empeng juga disarankan mulai dari usia 1 tahun maksimum usia 2 tahun untuk menghindari perhambatan atau mengganggu perkembangan gigi.

Info diatas itu rangkuman apa yang aku baca dari berbagai artikel dan buku ya dan untuk downside/kekurangan nya menurutku tidak ada selama penggunaan hanya dipakai disaat memang bayi membutuhkan nya serta sudah mulai distop sebelum 2 tahun, paling - paling jadi agak repot aja ya apalagi kalau udah jatuh dan kalau empengnya lepas dari mulut saat tertidur terkadang kebangun untuk cari empengnya.

Aku setelah tahu manfaatnya aku pun kasian liat rapapa di umur 3 bulan udah mulai ngemutin jari nya kalau mau tidur, sampai tertidur sendiri pun dia masih ngemutin jarinya (bukan jempol aja ya tp semua jari yang berhasil masuk ke mulut haha) karena pada dasarnya memang sucking pada bayi itu act natural nya mereka, setelah aku ingat - ingat pun sebelum 3 bulan rapapa kalau sudah kenyang nyusu masih mau nyusu trs sampai gumoh banyak bgt dan sesi menyusunya jg ngomel ngomel itu mungkin karena dia hanya butuh menenangkan dirinya dengan sucking tapi aku tetap kasih nya breast aku jd mau ga mau kan dia minum terus asi tanpa bisa nge stop nya.

Mulailah pencarian pacifier yang baik, rekomended untuk rapapa dimulai...

Aku pertama coba pacifier dr browns, sebetulnya itu aku engga beli karena dapat kiriman endorse dari dr browns Indonesia. Bahan nya silicone dan nipple nya bentuk nya gepeng bukan bulat ya, hasilnya rapapa menolak. Aku coba terus besok nya dan seterusnya dia masih nolak. Next nya aku mulai browsing untuk beli pacifier yang tepat dan aku menemukan Philips Avent Soothie untuk details nya bisa di klik yah link nya.

Aku memutuskan beli karena hospital grade dan BPA free plus review - review positive banyak sekali mengenai soothie ini cuma aja di Indonesia jarang dijual, pada dasarnya aku online shopper jadi aku langsung cari di tokopedia ga ada yang jual dan di lazada banyak yang jual tapi entah kenapa heran harga nya ada yang sampai jual 500.000 (seriussss) sedangkan di amazon/target cuma 2 dolar an.

Beruntungnya aku nemu di lazada ada yang jual harganya normal yaa 100 ribuan lah, cuma terakhir aku mau beli lagi dia lg out of stock, dan skrg di tokopedia ada 1 penjual yang jual dengan harga normal 115.000, di website nya mothercare pun sih ada ya kayaknya tapi setiap ke store nya aku ga lihat atau aku yg engga tanya haha

Okay, balik ke pengalaman rapapa pakai soothie ini langsung mauuuu cocokkkkk! bahannya seperti rubber, bentuk nipplenya bulat tidak gepeng, dan bentuknya lucu trasnparant jd bisa liat pergerakan isapan mulut nya (awal - awal aku ketawa terus liat nya karena kayak ikan mangap-mangap hahaha) plus kalau kalian yang mudah tergoda apa yang dipakai celebrities dan pecinta kardashian family, anaknya kylie jenner pake soothie ini juga kok ;D

Dari semua manfaat yang aku tulis diatas benar adanya rapapa alamin, makin besar tidurnya makin ngawur gayanya bolak balik tengkurep miring sana sini ngabisin lahan tempat tidur dan semua gaya aman karena hidungnya terjaga sama empeng yang dipakai nya serta bisa melatih rapapa untuk tertidur sendiri , dan aku batasi pemakaian hanya ketika mau tidur.

Intinya tetap balik lagi ke mommies untuk memilih menggunakan empeng atau tidak untuk baby nya, apapun itu pilihannya pasti diyakini dan baik untuk anak nya juga karena temenku ada kok yang dari anak pertama tidak menggunakan pacifier dan sehat-sehat serta tumbuh cerdas layaknya anak lain. Sekian dulu sharing rapapa hari ini , semoga bermanfaat ilmu nya dan tunggu sharing berikutnya :)

Love,

Rapapa

.

bottom of page